Kamis, 16 Mei 2019

Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kecamatan Bumi Agung, Kabupaten Way Kanan Menyalurkan Zakat Profesi ASN Tahun 1440 H/2019 M ke Baznas Kabupaten Way Kanan


UPZ Kecamatan Bumi Agung, Kabupaten Way Kanan menekankan pentingnya zakat baik untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi.

17 / 05 / 2019 08:29

Seorang muslim diperintahkan untuk membayar zakat. Adapun zakat tersebut bermacam yakni zakat fitrah dan zakat mal. Zakat fitrah dibayarkan sebelum lebaran. Sedangkan zakat mal ialah zakat yang dikenakan atas harta seseorang.

Sebagai seorang muslim, ASN  Dinas Pendidikan Kecamatan Bumi Agung, Kabupaten Way Kanan juga membayar zakat. ASN  Dinas Pendidikan Kecamatan Bumi Agung diketahui membayar zakat Profesi sebesar Rp 27 juta atau naik Rp 14 juta dibandingkan tahun lalu yang seluruhnya dibayarkan secara tunai melalui Baznas yang dikumpulkan melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kecamatan Bumi Agung.

Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kecamatan Bumi Agung ini membayarkan zakat tersebut dalam acara Penyerahan Zakat kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Tahun 2019 di Kantor Baznas  Rabu (16/05/2019).

"Allhamdulillah pengumpulan dan penyaluran zakat Profesi yang dilakukan oleh Baznas yang telah dimulai 2018 lalu di Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kecamatan Bumi Agung telah berjalan secara rutin, dan ini dapat menjadi pilar penguatan keuangan syariah," kata Zainal, S. P.d. (Ketua Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kecamatan Bumi Agung).

Pada kesempatan itu, Ketua KKKSD Inhar Efendi, S. Pd. Kecamatan Bumi Agung hadir, Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kecamatan Bumi Agung menyiapkan beberapa petugas di lingkungan Dinas Pendidikan Kecamatan Bumi Agung untuk melayani pembayaran zakat bekerja sama dengan perbankan syariah yang bisa dilakukan secara tunai maupun non tunai.

Pada kesempatan itu, Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kecamatan Bumi Agung mengatakan, potensi zakat yang besar di Kecamatan Bumi Agung bisa dimaksimalkan.

"Artinya masih ada potensi yang sangat besar. Dan kami juga sangat menghargai rata-rata dalam 1 tahun ini pertumbuhannya dari Tahun 2018 Rp. 13 juta menjadi Rp. 27 juta di Tahun 2019, ini pertumbuhan yang sangat besar dan kita harapkan ke depan ada lompatan pertumbuhan pengumpulan dan penyaluran zakat di Kecamatan Bumi Agung kita," kata Inhar Efendi, S. Pd. (Ketua KKKSD Kecamatan Bumi Agung).

Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kecamatan Bumi Agung ini juga menekankan pentingnya zakat baik untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi, mengentaskan kemiskinan, meningkatkan kesejahteraan rakyat, dan mendorong Kabupaten Way Kanan menjadi pusat ekonomi syariah Nasional.

"Saya mengajak para muzakki untuk memberikan zakat melalui Baznas, supaya lebih aman, ada keteraturan, dan benar-benar tepat penyalurannya pada para mustahik," ujar Inhar Efendi, S. Pd. (Ketua KKKSD Kecamatan Bumi Agung).

Ke depan, Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kecamatan Bumi Agung berharap pengumpulan dan penyaluran zakat dapat lebih terintegrasi dengan digital dan data base zakat dapat dikerjakan dengan sistem yang lebih baik sehingga penyalurannya bisa berjalan lebih baik dan efisien.

"Untuk Bapak Bupati sudah waktunya untuk dibuatkan perda bagi ASN Khusunya Dinas Pendidikan agar Kecamatan Lain di Kabupaten Way Kanan dapat ikut serta mengumpulkan Zakat Profesi melalui Basnaz, imbuh Inhar Efendi, S. Pd. (Ketua KKKSD Kecamatan Bumi Agung).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SDN 01 Pisang Baru Hari Peduli Sampah Nasional 2021

Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) diperingati tanggal 21 Februari setiap tahunnya. Peringatan HPSN petama kali dicanangkan oleh Kementerian...